Wednesday, March 30, 2022

Mandiri Internet Bisnis: Syarat, Daftar, Tarif dan Limit Terbaru 2022

 

Mandiri Internet Bisnis merupakan salah satu layanan yang ditawarkan bank Mandiri untuk para nasabahnya. Layanan yang berbasis e-banking ini dapat digunakan oleh para nasabah bisnis dari segmen peroorangan/ Owner Operator (OO) dan perusahaan khususnya kategori perusahaan kecil dan menengah/ Small Office Home Office (SOHO). Nasabah bisa melakukan transaksi finansial dan non finansial dengan aplikasi internet banking dengan fitur-fitur yang sudah disesuaikan. Fitur yang ada di layanan ini sangat bermanfaat, antara lain informasi bisnis, aktivitas bisnis, informasi umum rekening, administrasi, pembayaran dan pembelian. Kita akan mereview mengenai Mandiri Internet Bisnis meliputi persyaratan, cara login, tarif layanan, hingga solusi apabila terblokir.

Mandiri Internet Bisnis

Adanya Mandiri Internet Bisnis ini tentunya sangat berguna bagi para nasabah dalam mengatur transaksi keuangan perusahaan yang dikelola. Penggunaan layanan ini juga tidak menuntut nasabah untuk datang ke bank, melainkan cukup dengan menggunakan layanan internet selanjutnya aplikasi siap digunakan kapanpun dan dimanapun. Keuntungan lainnya adalah penyesuaian kebutuhan usaha dengan limit harian atas fitur transaksi dapat diatur serta bebas biaya bulanan. Keamanan layanan ini juga tidak perlu diragukan karena untuk masuk, selain menggunakan password, nasabah  juga harus mengisi Company ID dan User ID, sistem Secure Socket Layer (SSL) 128 bit juga melengkapi aplikasi ini.

Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan, tentunya para nasabah ingin mengetahui lebih dalam mengenai Mandiri Internet Bisnis, berikut beberapa ketentuan yang wajib dipahami:

Persyaratan Pendaftaran Mandiri Internet Bisnis

Persyaratan yang harus dilengkapi nasabah dalam menggunakan aplikasi Mandiri Internet Bisnis adalah:

  1. Mempunyai rekening Mandiri Tabungan Bisnis atau Mandiri Giro.
  2. Membawa ATM Mandiri yang dapat digunakan untuk mendaftar.
  3. Menyiapkan dokumen berupa KTP dan Buku Tabungan untuk perorangan dan KTP
  4. Buku Tabungan, dan Surat Kepemilikan Perusahaan untuk nasabah perusahaan.
  5. Menandatangani serta mengisi ormular Aplikasi MIB pada Cabang pengelola rekening.
  6. Menyerahkan copy bukti kepemilikan rekening Mandiri Tabungan Bisnis atau Mandiri Giro serta memberitahukan aslinya.
  7. Menyerahkan suarat kuasa asli dari pemilik rekening jika layanan ini akan diikutsertakan ke rekening pihak lain.

Cara Daftar Mandiri Internet Bisnis

Jika semua persyaratan pendaftaran telah terpenuhi dengan baik, maka pendaftaran bisa dilakukan dengan mudah, ada 2 jenis cara pendaftaran, yaitu:

1. Pendaftaran di Kantor Cabang

       Mendatangi cabang Mandiri terdekat.

       Menyiapkan dokumen yang diperlukan.

       Mengisi form registrasi aplikasi Madiri Internet Bisnis.

       Mendaftar pada pegawai bank.

       Mendapatkan starter pack mandiri internet bisnis berupa token dan buku petunjuk penggunaan yang pengambilannya 14 hari setelah pendaftaran atau kebijakan tiap lokasi.

       Mendapatkan email berisi password first time login, Company ID, dan User ID .

       Nasabah dapat melakukan transaksi via aplikasi Mandiri Internet Banking di smartphone atau website mib.bankmandiri.co.id.

2. Pendaftaran Melalui ATM

       Mendatangi ATM terdekat.

       Masukkan kartu ATM dan input PIN.

       Klik menu “Transaksi Lainnya”.

       Klik “Pendaftaran e-Banking”.

       Klik “setuju” apabila di layer sudah ada layanan konfirmasi.

       Masukkan lagi PIN ATM.

       Iput PIN yang akan digunakan untuk Internet Banking.

       Kemudian Klik “benar”

       Struk yang berisi nomor kartu dan Acces Code akan keluar dari mesin ATM.

       Selesai

Cara Login Mandiri Internet Bisnis

Setelah langkah pendaftaran selesai nasabah bisa login ke akun miliknya, berikut cara yang dapat dilakukan:

       Kunjungi mib.bankmandiri.co.id di browser.

       Login dengan password, Company ID, dan User ID.

       Kemudian Pilih Bahasa.

       Terakhir klik “Login”.

Cara Transfer Mandiri Internet Bisnis

Salah satu fitur Mandiri Internet Bisnis adalah dapat digunakan untuk transfer uang antar sesama bank ataupun bank lain, berikut caranya:

  1. Kunjungi mib.bankmandiri.co.id di browser.
  2. Login dengan password, Company ID, dan User ID.
  3. Pilih menu “Transfer”, kemudian pilih “Transfer Antar Rekening Mandiri”.
  4. Pada lintas mata uang pilih “Tidak”.
  5. Masukkan nomor rekening yang akan dituju.
  6. Pilih “Sekarang” pada waktu pelaksanaan.
  7. Pilih “Ya” dan kirim notifikasi.
  8. Pilih “Setuju” apabila data sudah sesuai.

Pada tahap “Approval” atau persetujuan langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih “Daftar Tugas” pada aplikasi Mandiri Internet Bisnis.
  2. Pilih transaksi yang akan disetujui.
  3. Nyalakan token yang dimiliki.
  4. Pilih “Apply 1” pada aplikasi.
  5. Input “Nomor Chalenge”.
  6. Akan keluar nomor respon pada token, kemudian salin.
  7. Setelah itu Pilih “Setuju”.

 

Tarif Limit Mandiri Internet Bisnis

Limit Maksimum Transaksi dan Limit Transfer memimiliki ketentuan yang berbeda bagi single user dan non single user pengguna Mandiri Internet Bisnis, berikut rinciannya:

       Tidak dikenai biaya pada penggantian token arena baterai habis.

       Biaya Rp50.000,- per token untuk pembelian token baru.

       Biaya Rp100.000,- per token untuk penggantian token karena rusak atau hilang.

       Tidak dikenai biaya transaksi dengan ketentuan limit minimum mengikuti jenis transaksi untuk payroll.

       Biaya transaksi gratis dengan limit maksimum Rp20 miliar

       limit minimum Rp1,- per transaksi per hari (single user dan non single user) untuk transfer antar rekening Mandiri.

       Transfer Rp20 miliar per hari dan Rp50 juta per transaksi (non single user) serta Biaya Rp6.500,- per transaksi

       Limit minimum Rp1.000,- dengan limit maksimum Rp50 juta per transaksi per hari (single user) untuk transfer online.

       Biaya Rp2.900,- per transaksi dengan ketentuan limit maksimum senilai Rp1 miliar dan limit minimum Rp1.000,-  per transaksi per hari (single user dan non single user) untuk Transfer SKN/LLG.

       Biaya Rp15.000 per transaksi dengan ketentuan limit bagi non single user, yakni limit maksimum sebesar Rp20 miliar dan limit minimum Rp100.000.001,- per transaksi per hari untuk transfer RTGS.

       Biaya transaksi USD 30.00 dengan limit maksimum sebesar ekuivalen Rp10 juta (single user) serta Rp20 miliar per transaksi per hari (non single user) dan limit minimum sebesar 1 dolar untuk biaya nternational transfer with SPI.

Tips Aman Penggunaan Mandiri Internet Bisnis

Setelah memahami semua ketentuan dalam penggunaan Mandiri Internet Bisnis, tentunya sebagai nasabah menginginkan akun yang dimiliki aman, berikut kiat-kiatnya:

  1. Download aplikasi hanya melalui App Store atau Google Play Store.
  2. Jaga kerahasiaan password, Company ID, dan User ID.
  3. Rutin mengubah password.
  4. Buatlah kombinasi password yang sulit ditebak.
  5. Hindari membuka link berbahaya.
  6. Jika sudah habis digunakan atau sudah habis masa berlakunya segera hapus m-Token.
  7. Hindari memasukkan data i-Banking ke aplikasi yang tidak terpercaya.
  8. Setelah logout hapus histori transaksi menggunakan pilihan clear cache.
  9. Jangan gunakan perangkat umum atau media lainnya yang tidak terjamin keamanannya.
  10. Jika menemukan kejanggalan hubungi call centre Mandiri di 14000 atau (021) 5299-7777.

Solusi Apabila Mandiri Internet Bisnis Terblokir

Jika sebagai nasabah sudah berusaha menggunakan Mandiri Internet Bisnis sebaik mungkin, namun akhirnya terblokir karena salah memasukkan password hingga tiga kali, tetap tenang dan tidak perlu panik. Berikut ini beberapa solusinya:

1. Cara Mengatasi Mandiri Internet Bisnis terblokir Via Call Center

       Tekan nomor telepon 1500150 atau 1400 di handphonem, kemudian tekan call.

       Pastikan persyaratan yang dibutuhkan sudah siap.

       Ceritakan masalah yang terjadi kepada customer service.

Menghubungi kantor cabang yang melayani pembukaan dan pengaktifan Mandiri Internet Bisnis untuk pertama kali juga bisa dilakukan.

2. Cara Mengatasi Mandiri Internet Bisnis terblokir Via Mandiri Online

       Buka aplikasi Mandiri Online

       Klik menu “Lupa Password”.

       Input 16 digit nomor ATM.

       Masukkan tanggal lahir.

       Tunggu pemberitahuan melalui SMS yang akan dikirim sistem secara otomatis.

       Masukkan password baru sebanyak dua kali.

       Klik tombol buat password, tunggu notifikasi.

       Akan muncul “Password Baru Selesai Dibuat” apabila pengajuan diterima.

       Selanjutnya Klik “Ok”

       Password baru selesai dibuat.

 

3. Cara Mandiri Internet Bisnis terblokir Via Email

       Buka aplikasi gmail.

       Tuliskan mandiricare@bankmadiri.co.id pada alamat tujuan.

       Tulis nama, nomor rekening, nama ibu kandung, nomor HP, tanggal lahir pada pesan untuk memverifikasi

       Setelah itu Kirim pesan.

       Tunggu balasan pihak bank.

       Ikuti prosedur yang diminta pihak bank.

       Akan diberitahukan beberapa cara oleh admin dan pilih sesuai keinginan.

       Setelah mendapatkan kembali kewenangan akun lakukan pengecekan.

       Masuk pada aplikasi, selanjutnya ketik password dan username.

4. Cara Mandiri Internet Bisnis terblokir Via Twitter

       Masuk pada akun twitter.

       Ketik @mandiricare pada pencarian

       Mention dengan keluhan yang dialami, screenshot sebagai bukti.

       Melalui DM (Direct Message) ceritakan kronologi kejadian

       Proses perbaikan akan dilakukan pihak admin.

       Beberapa metode perbaikan akan ditawarkan pihak Mandiri.

       Pilih sesuai kebutuhan.

Demikian beberapa info mengenai Mandiri Internet Bisnis, sebuah layanan milik Bank Mandiri yang tentunya memberikan banyak manfaat bagi nasabah. Sekian dan terima kasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment