Mandiri Internet Bisnis merupakan salah satu layanan yang ditawarkan bank Mandiri untuk para nasabahnya. Layanan yang berbasis e-banking ini dapat digunakan oleh para nasabah bisnis dari segmen peroorangan/ Owner Operator (OO) dan perusahaan khususnya kategori perusahaan kecil dan menengah/ Small Office Home Office (SOHO). Nasabah bisa melakukan transaksi finansial dan non finansial dengan aplikasi internet banking dengan fitur-fitur yang sudah disesuaikan. Fitur yang ada di layanan ini sangat bermanfaat, antara lain informasi bisnis, aktivitas bisnis, informasi umum rekening, administrasi, pembayaran dan pembelian. Kita akan mereview mengenai Mandiri Internet Bisnis meliputi persyaratan, cara login, tarif layanan, hingga solusi apabila terblokir.
Mandiri Internet Bisnis
Adanya
Mandiri Internet Bisnis ini tentunya sangat berguna bagi para nasabah dalam
mengatur transaksi keuangan perusahaan yang dikelola. Penggunaan layanan ini
juga tidak menuntut nasabah untuk datang ke bank, melainkan cukup dengan
menggunakan layanan internet selanjutnya aplikasi siap digunakan kapanpun dan
dimanapun. Keuntungan lainnya adalah penyesuaian kebutuhan usaha dengan limit
harian atas fitur transaksi dapat diatur serta bebas biaya bulanan. Keamanan
layanan ini juga tidak perlu diragukan karena untuk masuk, selain menggunakan
password, nasabah juga harus mengisi
Company ID dan User ID, sistem Secure Socket Layer (SSL) 128 bit juga
melengkapi aplikasi ini.
Dengan
banyaknya manfaat yang ditawarkan, tentunya para nasabah ingin mengetahui lebih
dalam mengenai Mandiri Internet Bisnis, berikut beberapa ketentuan yang wajib
dipahami:
Persyaratan Pendaftaran
Mandiri Internet Bisnis
Persyaratan
yang harus dilengkapi nasabah dalam menggunakan aplikasi Mandiri Internet
Bisnis adalah:
- Mempunyai rekening
Mandiri Tabungan Bisnis atau Mandiri Giro.
- Membawa ATM Mandiri yang dapat digunakan untuk mendaftar.
- Menyiapkan dokumen berupa KTP dan Buku Tabungan untuk perorangan
dan KTP
- Buku Tabungan, dan Surat Kepemilikan Perusahaan untuk
nasabah perusahaan.
- Menandatangani serta mengisi ormular Aplikasi MIB pada Cabang
pengelola rekening.
- Menyerahkan copy bukti kepemilikan rekening Mandiri Tabungan Bisnis
atau Mandiri Giro serta memberitahukan aslinya.
- Menyerahkan suarat
kuasa asli dari pemilik rekening jika layanan ini akan diikutsertakan ke
rekening pihak lain.
Cara Daftar
Mandiri Internet Bisnis
Jika semua persyaratan pendaftaran telah terpenuhi dengan
baik, maka pendaftaran bisa dilakukan dengan mudah, ada 2 jenis cara
pendaftaran, yaitu:
1. Pendaftaran di Kantor Cabang
●
Mendatangi
cabang Mandiri terdekat.
●
Menyiapkan
dokumen yang diperlukan.
●
Mengisi
form registrasi aplikasi Madiri Internet Bisnis.
●
Mendaftar
pada pegawai bank.
●
Mendapatkan
starter pack mandiri internet bisnis berupa token dan buku petunjuk penggunaan
yang pengambilannya 14 hari setelah pendaftaran atau kebijakan tiap lokasi.
●
Mendapatkan
email berisi password first time login, Company ID, dan User ID .
●
Nasabah dapat
melakukan transaksi via aplikasi Mandiri Internet Banking di smartphone atau
website mib.bankmandiri.co.id.
2. Pendaftaran Melalui ATM
●
Mendatangi
ATM terdekat.
●
Masukkan
kartu ATM dan input PIN.
●
Klik menu
“Transaksi Lainnya”.
●
Klik
“Pendaftaran e-Banking”.
●
Klik
“setuju” apabila di layer sudah ada layanan konfirmasi.
●
Masukkan
lagi PIN ATM.
●
Iput PIN
yang akan digunakan untuk Internet Banking.
●
Kemudian Klik “benar”
●
Struk
yang berisi nomor kartu dan Acces Code akan keluar dari mesin ATM.
●
Selesai
Cara
Login Mandiri Internet Bisnis
Setelah langkah pendaftaran selesai nasabah bisa login ke
akun miliknya, berikut cara yang dapat dilakukan:
●
Kunjungi
mib.bankmandiri.co.id di browser.
●
Login
dengan password, Company ID, dan User ID.
●
Kemudian Pilih Bahasa.
●
Terakhir
klik “Login”.
Cara
Transfer Mandiri Internet Bisnis
Salah satu fitur Mandiri Internet Bisnis adalah dapat
digunakan untuk transfer uang antar sesama bank ataupun bank lain, berikut
caranya:
- Kunjungi
mib.bankmandiri.co.id di browser.
- Login dengan
password, Company ID, dan User ID.
- Pilih menu
“Transfer”, kemudian pilih “Transfer Antar Rekening Mandiri”.
- Pada lintas mata
uang pilih “Tidak”.
- Masukkan nomor
rekening yang akan dituju.
- Pilih “Sekarang”
pada waktu pelaksanaan.
- Pilih “Ya” dan
kirim notifikasi.
- Pilih “Setuju”
apabila data sudah sesuai.
Pada tahap “Approval” atau persetujuan langkahnya adalah
sebagai berikut:
- Pilih “Daftar
Tugas” pada aplikasi Mandiri Internet Bisnis.
- Pilih transaksi yang akan disetujui.
- Nyalakan token yang dimiliki.
- Pilih “Apply 1” pada aplikasi.
- Input “Nomor Chalenge”.
- Akan keluar nomor respon pada token,
kemudian salin.
- Setelah itu Pilih “Setuju”.
Tarif
Limit Mandiri Internet Bisnis
Limit Maksimum Transaksi dan Limit Transfer memimiliki
ketentuan yang berbeda bagi single user dan non single user pengguna Mandiri
Internet Bisnis, berikut rinciannya:
●
Tidak
dikenai biaya pada penggantian token arena baterai habis.
●
Biaya
Rp50.000,- per token untuk pembelian token baru.
●
Biaya
Rp100.000,- per token untuk penggantian token karena rusak atau hilang.
●
Tidak
dikenai biaya transaksi dengan ketentuan limit minimum mengikuti jenis
transaksi untuk payroll.
●
Biaya
transaksi gratis dengan limit maksimum Rp20 miliar
●
limit minimum
Rp1,- per transaksi per hari (single user dan non single user) untuk transfer
antar rekening Mandiri.
●
Transfer Rp20 miliar per hari dan Rp50
juta per transaksi (non single user) serta Biaya Rp6.500,- per transaksi
●
Limit minimum Rp1.000,- dengan limit
maksimum Rp50 juta per transaksi per hari (single user) untuk transfer online.
●
Biaya
Rp2.900,- per transaksi dengan ketentuan limit maksimum senilai Rp1 miliar dan
limit minimum Rp1.000,- per transaksi
per hari (single user dan non single user) untuk Transfer SKN/LLG.
●
Biaya
Rp15.000 per transaksi dengan ketentuan limit bagi non single user, yakni limit
maksimum sebesar Rp20 miliar dan limit minimum Rp100.000.001,- per transaksi
per hari untuk transfer RTGS.
●
Biaya
transaksi USD 30.00 dengan limit maksimum sebesar ekuivalen Rp10 juta (single
user) serta Rp20 miliar per transaksi per hari (non single user) dan limit
minimum sebesar 1 dolar untuk biaya nternational transfer with SPI.
Tips Aman
Penggunaan Mandiri Internet Bisnis
Setelah memahami semua ketentuan dalam penggunaan Mandiri
Internet Bisnis, tentunya sebagai nasabah menginginkan akun yang dimiliki aman,
berikut kiat-kiatnya:
- Download aplikasi
hanya melalui App Store atau Google Play Store.
- Jaga kerahasiaan password, Company
ID, dan User ID.
- Rutin mengubah password.
- Buatlah kombinasi password yang
sulit ditebak.
- Hindari membuka link berbahaya.
- Jika sudah habis digunakan atau
sudah habis masa berlakunya segera hapus m-Token.
- Hindari memasukkan data i-Banking ke
aplikasi yang tidak terpercaya.
- Setelah logout hapus histori
transaksi menggunakan pilihan clear cache.
- Jangan gunakan perangkat umum atau
media lainnya yang tidak terjamin keamanannya.
- Jika menemukan
kejanggalan hubungi call centre Mandiri di 14000 atau (021) 5299-7777.
Solusi
Apabila Mandiri Internet Bisnis Terblokir
Jika sebagai nasabah sudah berusaha menggunakan Mandiri
Internet Bisnis sebaik mungkin, namun akhirnya terblokir karena salah
memasukkan password hingga tiga kali, tetap tenang dan tidak perlu panik.
Berikut ini beberapa solusinya:
1. Cara Mengatasi Mandiri Internet Bisnis terblokir
Via Call Center
●
Tekan
nomor telepon 1500150 atau 1400 di handphonem, kemudian tekan call.
●
Pastikan
persyaratan yang dibutuhkan sudah siap.
●
Ceritakan
masalah yang terjadi kepada customer service.
Menghubungi kantor cabang yang melayani pembukaan dan
pengaktifan Mandiri Internet Bisnis untuk pertama kali juga bisa dilakukan.
2. Cara Mengatasi Mandiri Internet Bisnis terblokir Via Mandiri
Online
●
Buka
aplikasi Mandiri Online
●
Klik menu
“Lupa Password”.
●
Input 16
digit nomor ATM.
●
Masukkan
tanggal lahir.
●
Tunggu
pemberitahuan melalui SMS yang akan dikirim sistem secara otomatis.
●
Masukkan
password baru sebanyak dua kali.
●
Klik
tombol buat password, tunggu notifikasi.
●
Akan
muncul “Password Baru Selesai Dibuat” apabila pengajuan diterima.
●
Selanjutnya Klik “Ok”
●
Password
baru selesai dibuat.
3. Cara Mandiri Internet Bisnis terblokir Via Email
●
Buka
aplikasi gmail.
●
Tuliskan
mandiricare@bankmadiri.co.id pada
alamat tujuan.
●
Tulis
nama, nomor rekening, nama ibu kandung, nomor HP, tanggal lahir pada pesan
untuk memverifikasi
●
Setelah itu Kirim pesan.
●
Tunggu
balasan pihak bank.
●
Ikuti
prosedur yang diminta pihak bank.
●
Akan
diberitahukan beberapa cara oleh admin dan pilih sesuai keinginan.
●
Setelah
mendapatkan kembali kewenangan akun lakukan pengecekan.
●
Masuk
pada aplikasi, selanjutnya ketik password dan username.
4. Cara Mandiri Internet Bisnis terblokir Via Twitter
●
Masuk
pada akun twitter.
●
Ketik
@mandiricare pada pencarian
●
Mention
dengan keluhan yang dialami, screenshot sebagai bukti.
●
Melalui
DM (Direct Message) ceritakan kronologi kejadian
●
Proses
perbaikan akan dilakukan pihak admin.
●
Beberapa
metode perbaikan akan ditawarkan pihak Mandiri.
●
Pilih
sesuai kebutuhan.
Demikian beberapa info mengenai Mandiri Internet Bisnis,
sebuah layanan milik Bank Mandiri yang tentunya memberikan banyak manfaat bagi
nasabah. Sekian dan terima kasih.
No comments:
Post a Comment