Friday, February 28, 2020

Cara Menggunakan Smartfren 4G Di Hp Android GSM

Cara Menggunakan Smartfren 4G Di Hp Android GSM

PT Smartfren Telecom Tbk adalah salah satu perusahaan operator yang meluangkan jasa telekomunikasi berbasis teknologi CDMA dan 4G, serta memakai teknologi EVDO. Smartfren sudah lumayan terkenal menyerahkan akses internet cepat dan murah untuk para pemakainya.

Beberapa tahun yang kemudian bahkan Smartfren sudah menguasai selama 40 persen keperluan internet pemakai di Indonesia. Sayangnya pada saat tersebut simcard Smartfren hanya dapat dipakai di ponsel berbasis CDMA saja, sehingga tidak sedikit orang memilih mencari pilihan lain di samping Smartfren guna menunjang keperluan mereka.

Ditambah lagi dua tahun terakhir sejumlah layanan operator pun melakukan pertumbuhan pesat dari sisi jaringan yang lantas lahirlah teknologi 4G. Kehadiran teknologi itu semakin menciptakan Smartfren kehilangan tidak sedikit pemakainya, hingga mereka memutuskan beralih jaringan dari CDMA ke GSM, dan pun menggunakan teknologi 4G.

Meskipun Smartfren telah menerbitkan pernyataan andai layanan mereka dapat dipakai di ponsel berbasis GSM, tetapi rupanya masih tidak sedikit orang yang ragu bakal hal itu. Sebenarnya memang dapat digunakan di ponsel GSM namun ada sejumlah syarat yang dipenuhi. Berikut ialah syarat-syaratnya.

SYARAT MENGGUNAKAN SMARTFREN DI PONSEL GSM

Pastikan bahwa ponsel GSM kamu telah menyokong jaringan LTE atau 4G dengan frekuensi 850 Mhz (band 5) atau 2300 Mhz (band 40). Intinya ponsel memakai 4G dipastikan dapat menggunakan Smartfren.
Selanjutnya pastikan lokasi kamu tercover jaringan 4G dari Smartfren. Tapi tenang saja, karena nyaris semua distrik telah menyokong jaringan Smartftren.

Adapun andai seandainya wilayah kamu tidak menyokong jaringan Smartfren, maka secara otomatis layanan internet kamu akan terputus. Berbeda dengan layanan operator beda yang bilamana tidak terdapat jaringan 4G, maka akan beralih ke 3G atau 2G.


CARA MENGGUNAKAN SMARTFREN 4G DI SMARTPHONE GSM

Ada sejumlah tahapan yang perlu dilaksanakan sebelum memakai Smartfren. Namun kami tidak bertanggung jawab bilamana kemudian terjadi kehancuran pada smartphone anda. Berikut ialah caranya yang telah terbukti dan sering dibicarakan di forum-forum android.

Pastikan smartphone kamu mendukung jaringan 4G/LTE
Siapkan kartu Smartfren 4G. Namun bukan kartu internet bawaan modem atau mifi karena sejumlah nomor modem tidak dapat dipasang di smartphone, mifi juga tidak bisa daftar paket smartfren
Pasang kartu Smartfren di smartphone anda. Sebaiknya pasang di slot SIM 1, karena sejumlah ponsel hanya dapat mengaktifkan mode 4G pada SIM 1 saja.
Kemudian masuk ke Pengaturan > Jaringan Seluler > Mode Jaringan > pilih WCDMA Only atau LTE Only
Aktifkan mode penerbangan, dan matikan mode penerbangan tadi maka secara otomatis smartphone menggali sinyal Smartfren
Cara selanjutnya hanyalah opsional, dapat dilakukan maupun tidak. Yaitu masuk ke Pengaturan > Jaringan Seluler > Mode Jaringan > Access Point Name > Tambah

Kemudian setting APN-nya laksana berikut ini:

Nama: Smartfren4g
APN: Smartfren4g
Username: Smartfren4g
Password: Smartfren4g
(Biarkan saja penataan yang lainnya default)
Kemudian Save dan aktifkan APN baru ini.


Perlu diketahui bahwa teknik di atas telah terbukti sukses di sejumlah merek ponsel laksana OPPO, Samsung, Xiaomi, Asus, Lenovo, dan masih tidak sedikit lagi. Bisa dijamin semua brand  ponsel dapat menggunakan teknik di atas, dan juga sukses menggunakan jaringan Smartfren. Dengan satu kriteria, ponsel kamu mendukung jaringan 4G/ LTE.

Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa mencek jenis smartphone kamu di willmyphonework.net apakah dapat menggunakan jaringan Smartfren atau tidak. Berikut ialah tampilannya.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete